Nurlaili, Izza Lu'atussilmi (2025) STAREGI PEMBELAJARAN TAHSIN AL-QUR'AN METODE UMMI DAN IQRA' SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KUALITAS BACAAN SISWA SMP NUSANTARA DAN SMP IT ASSALAM BANDUNGAN TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS Izza Lu'atussilmi Nurlaili 12010220001.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
TESIS Izza Lu'atussilmi Nurlaili 12010220001.pdf Download (2MB) |
Abstract
Nurlaili, Izza Lu’atussilmi. 2024. Strategi Pembelajaran Tahsin Alqur’an Metode Ummi Dan Iqra’ Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Bacaan Siswa SMP Nusantara Dan SMP IT Assalam Kabupaten Semarang Tahun 2024. Tesis. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Miftahuddin, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguraikan strategi pembelajaran tahsin Al-Qur’an metode Ummi di SMP Nusantara dan metode Iqra’ di SMP IT Assalam, 2) menguraikan implikasi penerapan strategi pembelajaran tahsin Al-qur’an metode Ummi dan metode Iqra’ terhadap kualitas bacaan siswa SMP Nusantara dan SMP IT Assalam 3) menguraikan kendala penerapan strategi pembelajaran tahsin Al-Qur’an metode Ummi di SMP Nusantara dan metode Iqra’ di SMP IT Assalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data meliputi reduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran tahsin Al-Qur’an metode Ummi di SMP Nusantara dan metode Iqra’ di SMP IT Assalam melalui proses perencaanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) implikasi penerapan strategi pembelajaran tahsin Al-Qur’an metode Ummi di SMP Nusantara berfokus pada talaqqi, memberikan pengalaman terstruktur, fokus utamanya pada kualitas bacaan tajwid dan kefasihan, sedangkan metode Iqra’ di SMP IT Assalam bertahap dan berjenjang, fokus utamanaya kelancaran dan kecepatan membaca. 3) Kendala yang dialami oleh SMP Nusantara dan SMP IT Assalam diantaranya: variasi kemampuan siswa, kompetensi guru, sarana prasarana yang lengkap, dan dukungan orang tua. Kata kunci: Strategi, Tahsin, Metode Ummi, Metode Iqra, Kualitas Bacaan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 20:14 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 20:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |