PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TERAPI DZIKIR UNTUK MENGATASI STRES BELAJAR PASA SISWA KELAS XI DI MAN SALATIGA

Anaqi, Muhammad Yusril (2025) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TERAPI DZIKIR UNTUK MENGATASI STRES BELAJAR PASA SISWA KELAS XI DI MAN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi ril fix rampung.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan gambaran stres belajar siswa kelas XI, mendeskripsikan pelaksanaan terapi dzikir untuk mengatasi stres belajar pada siswa kelas XI menggunakan penerapan konseling kelompok, dan menguji efektifitas terapi dzikir untuk mengatasi stres belajar pada siswa kelas XI menggunakaan penerapan konseling kelompok di MAN Salatiga. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pretestposttest one-group design. Seluruh siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 31 orang merupakan populasi penelitian. Dengan jumlah sampel 7 orang yang memiliki nilai tingkat stres paling tinnggi, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala stres belajar. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test untuk menemukan perbedaan kondisi tres sebelum dan setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan gambaran stres belajar siswa kelas XI tidak ada satupun yang kategori rendah , pada kategori sedang 90,32% terdapat 28 siswa, dan kategori tinggi 9,68% terdapat 3 siswa. Pelaksanaan konseling kelompok dengan terapi dzikir dilakukan 2 kali treatment untuk mengatasi stres belajar pada siswa, tretament yang pertama peneliti menginformasikan pengertian dan tujuan konseling kelompok, membangun hubungan baik dengan siswa dengan ice breaking dan membangun kepercayaan bawasanya konseling ini bersifat rahasia, memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan stres belajar yang dialam, mengungkap faktor penyebab, mendiskusikan manfaat dzikir serta praktek dzikir dalam upaya mengurangi stess ditutup dengan pemberian tugas membuat jadwal kegiatan sehari-hari guna memanagement waktu belajar dan bermain siswa. Kemudian treatment pada hari kedua peneliti membimbing siswa untuk melakukan terapi dzikir kemudian diakhiri dengan mendengarkan dzikir dan ikut melafalkan secara bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan konseling kelompok dengan terapi dzikir efektif untuk menurunkan stres belajar siswa hal ini dibuktikan dengan nilai-t 9.577 dan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2025 20:15
Last Modified: 07 Jul 2025 20:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item