EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE (READING, IDENTIFYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, EXTENDING) BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DALAM MATERI FUNGSI KUADRAT

Sabilla, Yuna Salma (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE (READING, IDENTIFYING, CONSTRUCTING, SOLVING, REVIEWING, EXTENDING) BERBANTUAN SCRATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DALAM MATERI FUNGSI KUADRAT. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUNA SALMA SABILLA 23070210067 (revisi sidang 1-tailed)-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran RICOSRE (Reading, Identifying, Constructing, Solving, Reviewing, Extending) dalam proses pembelajaran di kelas dan mengetahui efektivitas model pembelajaran RICOSRE berbantuan Scratch terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi fungsi kuadrat. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar matematika siswa, khususnya dalam topik fungsi kuadrat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dan desain pretest-posttest nonequivalent group control. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dan X TKJ B sebagai kelas kontrol di SMK Negeri 2 Salatiga. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (independent sample t-test), serta perhitungan gain ternormalisasi untuk menilai efektifitas model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran RICOSRE terlaksana dengan baik dengan rata-rata nilai keterlaksanaan 3,82 (terlaksana dengan sangat baik) serta model pembelajaran RICOSRE berbantuan Scratch efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dengan diperoleh peningkatan rata-rata kelas eksperimen bermula 38,69 meningkat hingga 86,33 dan nilai gain ternormalisasi 0,7895 (kategori tinggi). Uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, model RICOSRE berbantuan Scratch dinyatakan lebih efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi kuadrat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2025 20:52
Last Modified: 07 Jul 2025 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24722

Actions (login required)

View Item View Item