ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MOTODE MEMBACA TANPA MENGEJA BERBANTU MEDIA AJAR BUKU MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 ABU BAKAR SDIT NIDAUL HIKMAH KECAMATAN TINGKIR KABUPATEN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Maula, Siti 'Iffatul (2025) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MOTODE MEMBACA TANPA MENGEJA BERBANTU MEDIA AJAR BUKU MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 ABU BAKAR SDIT NIDAUL HIKMAH KECAMATAN TINGKIR KABUPATEN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Siti 'Iffatul Maul 042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui kemampuan membaca dengan metode membaca tanpa mengeja berbantu media ajar buku membaca permulaan siswa kelas 1 Abu Bakar SDIT Nidaul Hikmah Kecamatan Tingkir Kabupaten Salatiga tahun ajaran 2024/2025. 2) Mengidentifikasi faktor penghambat metode membaca tanpa mengeja berbantu media ajar buku membaca permulaan siswa kelas 1 Abu Bakar SDIT Nidaul Hikmah Kecamatan Tingkir Kabupaten Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Abu Bakar, guru kelas 1, Kepala Sekolah, dan orang tua siswa. Analisis data yang digunakan penelitian ini meliputi reduksi data, Display data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kemampuan membaca siswa berkembang melalui pengalaman langsung dan pembiasaan dalam mengenali kata secara utuh tanpa harus melalui tahapan mengeja. Proses ini berlangsung secara bertahap melalui perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, serta evaluasi berkelanjutan yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Penerapan metode membaca tanpa mengeja dengan dukungan media buku membaca permulaan tidak hanya membantu siswa dalam mengenali kata dan kalimat, tetapi juga menumbuhkan rasa percaya diri dan antusiasme mereka dalam belajar membaca. Perubahan positif yang tampak pada siswa menunjukkan bahwa pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan didukung oleh lingkungan belajar yang kondusif, termasuk keterlibatan aktif orang tua dan guru, sangat berperan dalam membentuk kemampuan literasi awal anak.2) Hambatan dalam membaca tanpa mengeja berbantu media buku membaca permulaan yaitu: a) pengkondisian kelas dan manajemen waktu, b) perbedaan metode yang dipakai siswa sebelumnya, c) siswa kesulitan membaca bacaan dengan penulisan font berbeda, d) siswa kesulitan membaca bacaan vokal ganda, e) siswa kesulitan membaca bacaan yang memiliki huruf konsonan x, r, z, s, f) siswa kesulitan dalam membaca bacaan yang memiliki huruf gabungan konsonan, g) siswa kesulitan membaca bacaan suku kata tertutup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:52
Last Modified: 09 Jul 2025 03:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24737

Actions (login required)

View Item View Item