Mafthohah, Chalimatul (2025) PERAN POJOK BACA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) UNTUK MENDUKUNG PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA KELAS V B SD ISLAM TERPADU PERMATA BUNDA KECAMATAN BAWEN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
CHALIMATUL MAFTHOHAH 23040210080 SKRIPSI 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
CHALIMATUL MAFTHOHAH 23040210080 SKRIPSI 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
CHALIMATUL MAFTHOHAH 23040210080 SKRIPSI 1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Mafthohah, Chalimatul. 2025. Peran Pojok Baca Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk Mendukung Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada Kelas V B SD Islam Terpadu Permata Bunda Bawen, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S1. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Sari Famularsih, M.Pd. Kata Kunci: Pojok Baca Sekolah, Pembelajaran IPAS, GLS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pojok baca sekolah dalam meningkatkan literasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk mendukung program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada kelas V B SD Islam Terpadu Permata Bunda Bawen, Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data ini di dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas V B, dan siswa kelas V B. Analisis data dilakukan dengan data pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi minat baca peserta didik masih beragam sehingga pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua dalam meningkatkan literasi peserta didik. Peserta didik aktif dalam berinteraksi dengan pojok baca sekolah terutama menyangkut dalam pembelajaran IPAS. Strategi pemanfaatan pojok baca sekolah dengan memperhatikan dan menjaga tampilan pojok baca, memilah isi buku bacaan sesuai kriteria, dan mengatur serta mengarahkan interaksi peserta didik pada pojok baca sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 15:34 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 15:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |