EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS SWASTA AL IHSAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Utomo, Deri Tri (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA PADA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTS SWASTA AL IHSAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DERI TRI UTOMO 23070180067.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Utomo, Deri Tri. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Swasta Al Ihsan Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Efektifitas, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa matematika pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Swasta Al Ihsan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini salah satu penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen murni desain pretest dan postest only control group. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs Swasta Al Ihsan yang berjumlah 108 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dalam milih sampel yang diteliti, peneliti memperoleh 29 siswa dari kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan 29 siswa dari kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data berupa tes uraian dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent sample t-test, uji paired sample t-test dan uji N Gain. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar efektif meningkatkan hasil belajar siswa daripada model pembelajaran konvensional. Dibuktikan dengan uji paired Sample t-Test yang menunjukkan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen yang meningkat secara signifikan (Sig. 0,000), untuk uji Independent sample t-test ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol dimana rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control, dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 80,34 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,10. Rata-rata N Gain score kelas eksperimen sebesar 0,5595(55,95%), sedangkan kelas control sebesar 0,4485(44,85%). Maka kelas eksperimen dengan model pembelajaran jigsaw pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Swasta Al Ihsan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 18:29
Last Modified: 09 Jul 2025 18:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item