Paramita, Erlinda Nurma (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH DI KELAS III MI DADAPAYAM 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Erlinda Nurma Paramita 025.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Skripsi Erlinda Nurma Paramita 025.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Skripsi Erlinda Nurma Paramita 025.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Skripsi Erlinda Nurma Paramita 025.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Skripsi Erlinda Nurma Paramita 025.pdf Download (6MB) |
Abstract
Paramita, Erlinda Nurma. Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Di Kelas III MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Guru Kelas. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Universitas Islam Negeri (UIN). Dosen Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Matematika, Operasi Hitung Bilangan Cacah, Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning materi operasi hitung bilangan cacah siswa kelas III MI Dadapayam 01 Tahun Ajaran 2025/2026. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam II siklus untuk mengatasi masalah yang muncul. Setiap siklus terdiri dari empat tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Dadapayam 01, yang terdiri dari 12 Siswa, 5 siswa Laki-laki dan 7 siswa Perempuan. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah Pengumpulan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas III MI Dadapayam 01 materi operasi hitung bilangan cacah melalui lembar observasi dan tes tertulis. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian dari tahap pra siklus sampai siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh yaitu 51,66 atau 42%. Siswa yang tuntas berjumlah 4 siswa dan yang belum tuntas berjumlah 8 siswa. Pada tahap siklus I meningkat sebesar 33%. Nilai rata-rata ketuntasan yang diperoleh adalah 65 atau 75%. Siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada tahap siklus II sebesar 50% dengan nilai rata-rata 82,5 atau 92%. Siswa yang tuntas berjumlah 11 siswa dan 1 siswa yang belum tuntas karena mempunyai kemampuan kognitif di bawah rata-rata atau slow learner.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 19:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 19:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24749 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |