Munawaroh, Riska (2025) PENERAPAN METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II MI ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RISKA MUNAWAROH_ 23040210003.pdf Download (2MB) |
Abstract
Munawaroh, Riska, 2025. “Penerapan Metode Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Mi Asas Islam Kalibening Tahun Ajaran 2024/2025”. SKRIPSI, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Sari Famularsih, S.Pd., M.A. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Asas Islam Kalibening. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa kelas II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dalam bentuk pujian, penghargaan simbolis, serta hadiah kecil mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Sementara itu, punishment yang diberikan secara edukatif, seperti tugas tambahan dan hafalan, efektif dalam membentuk kedisiplinan serta tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan guru dan orang tua dalam mendukung metode reward dan punishment sangat berpengaruh terhadap efektivitasnya. Guru yang konsisten dalam penerapan strategi ini mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif dan menyenangkan. Di sisi lain, peran orang tua dalam memberikan reinforcement di rumah dapat memperkuat dampak pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Dengan demikian, penerapan metode reward dan punishment yang tepat tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang lebih positif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwasannya memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif di tingkat sekolah dasar. Untuk meningkatkan efektivitasnya, disarankan agar guru mengadaptasi metode ini sesuai dengan karakteristik siswa serta menghindari punishment yang bersifat punitif. Studi lebih lanjut dapat dilakukan dengan cakupan yang lebih luas guna mengeksplorasi dampak metode ini terhadap aspek psikososial dan akademik siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode reward dan punishment ini terhadap siswa dalam pembelajaran bahaa indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar para siswa agar disiplin dan menaati tata tertib kelas atau sekolah. (2) kelebihan dan kekurangan metode reward dan punishment ini guna mengetahui bahwa siswa dapat menunjang metode ini dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan baik dan tertib.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 19:24 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 19:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |