IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA & SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA

Yusuf, Muhammad (2025) IMPLEMENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN AL ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA & SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARNEGARA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)
[img] Text
M. YUSUF 12010210040 (TESIS).docx.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) implementasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran Al Islam di SMA Muhammadiyah 1 Banjarnegara dan SMK Muhammadiyah 1 Banjarnegara, (2) implikasinya, dan (3) faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi HOTS meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menyusun perangkat ajar berbasis HOTS, menanamkan keterampilan berpikir kritis melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler, serta menilai keaktifan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Implikasi implementasi HOTS di SMA mencakup peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, akses informasi, serta kolaborasi siswa. Di SMK, HOTS berdampak pada penguatan keterampilan reflektif, pemecahan masalah, relevansi pembelajaran dengan dunia kerja, dan pengembangan karakter profesional. Faktor pendukung di kedua sekolah mencakup kompetensi guru dan pemanfaatan teknologi. Di SMA ditambah dengan kurikulum dan pendekatan interaktif, sementara di SMK diperkuat oleh lingkungan belajar yang kondusif dan dukungan komunitas. Adapun kendala utama meliputi keterbatasan kompetensi guru dan fasilitas. SMA juga menghadapi kendala waktu dan penyusunan soal HOTS, sedangkan SMK terkendala oleh persepsi normatif terhadap PAI dan metode pembelajaran yang kurang variatif. Kata kunci: Implementasi, Higher Order Thinking Skills, Pembelajaran Al Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2025 20:36
Last Modified: 09 Jul 2025 20:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item