PERAN GURU DALAM STIMULASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PADA SISWA KELOMPOK B DI RA ARROHMAH LEMAHIRENG BAWEN

widiyawati, Eva (2025) PERAN GURU DALAM STIMULASI KECERDASAN MUSIKAL ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND PADA SISWA KELOMPOK B DI RA ARROHMAH LEMAHIRENG BAWEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA WIDIYAWATI_23050180024_PIAUD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Widiyawati, Eva. 2025. Peran Guru dalam Stimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Ekstrakurikuler Drumband pada Siswa kelompok B di RA Arromah Lemahireng Bawen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS Viktor Purhanudin, M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan musikal, Ekstrakurikuler Drumband Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Guru bertanggung jawab dalam mengembangkan seluruh kemampuan anak PAUD. Salah satu kecerdasan yang harus ditanamkan dan dikembangkan guru pada anak adalah kecerdasan musikal. Tujuan Penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Untuk Mendeskripsikan dan Menganalisis Bagaimana Peran Guru dalam Stimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di RA Arrohmah Lemahireng Bawen. 2) Untuk Mendeskripsikan dan Menganalisis Apa Saja Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Yang Muncul Saat Guru Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di RA Arrohmah Lemahireng Bawen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru pendamping, guru pelatih dan siswa RA Arrohmah dan sumber data sekunder berupa laporan, profil sekolah dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru pendamping, guru pelatih dan siswa RA Arrohmah Lemahireng Bawen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam menstimulasi kecerdasan musikal anak. Peran tersebut meliputi peran sebagai perancang kegiatan (menyusun jadwal latihan dan menyiapkan alat musik), sebagai pendidik (memberikan pembelajaran bertahap dan berulang), sebagai motivator (memberi semangat dan pendekatan personal), serta sebagai pembimbing (mendampingi anak yang mengalami kesulitan). Faktor pendukung kegiatan ini adalah lingkungan yang mendukung serta antusiasme tinggi dari siswa dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan jumlah guru dan pelatih serta kurangnya alat musik drumband. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan aktif guru sangat berperan dalam pengembangan kecerdasan musikal anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2025 21:30
Last Modified: 10 Jul 2025 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24774

Actions (login required)

View Item View Item