PENGARUH KUALITAS LAYANAN M-BANKING, FITUR E- COMMERCE, DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

PRAYOGO, MUHAMMAD ROIS (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN M-BANKING, FITUR E- COMMERCE, DAN KEAMANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ROISSSS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prayogo, Muhammad Rois. 2024 Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking, Fitur E- Commerce, Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Bsi Kabupaten Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Saifudin, M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Kualitas Layanan M- Banking, Fitur E-Commerce, Dan Keamanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Bsi Kabupaten Semarang). Era globalisasi datang dengan cepat seiring dengan kemajuan teknologi. Salah satu sektor yang aktif mengikuti perkembangan teknologi adalah industri perbankan. Di Indonesia, hadirnya bank syariah telah mengalami pertumbuhan pesat dan peningkatan yang signifikan selama tiga dekade terakhir. Langkah strategis dalam upaya pengembangan perbankan syariah untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah adalah fokus pada peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada nasabah. Penelitian ini menguji peran kepuasan sebagai variabel mediasi antara kualitas layanan m-banking, fitur e- commerce dan keamanan terhadap loyalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu nasabah Bank BSI Kabupaten Semarang, untuk sampelnya sebanyak 100. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas layanan m-banking, fitur e-commerce, dan keamanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah serta kepuasan mampu memediasi hubungan kualitas layanan m-banking dan keamanan terhadap loyalitas, namun tidak mampu memediasi hubungan antara fitur e-commerce terhadap loyalitas. Kata kunci: Kualitas layanan m-banking, fitur e-commerce, keamanan, loyalitas, kepuasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2025 21:21
Last Modified: 16 Jul 2025 21:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24805

Actions (login required)

View Item View Item