PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN BRAND FAMILIARITY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN LONG-TERM ORIENTATION SEBAGAI VARIABEL MODERASI

S.Akun., Arum Teguh Fitriyani, (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN BRAND FAMILIARITY TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH DENGAN LONG-TERM ORIENTATION SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Arum Teguh Fitriyani 12030230008.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Tesis Arum Teguh Fitriyani 12030230008.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Tesis Arum Teguh Fitriyani 12030230008.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Tesis Arum Teguh Fitriyani 12030230008.pdf

Download (8MB)

Abstract

Literasi keuangan syariah dan brand familiarity memiliki peran penting dalam mendorong keputusan investasi di pasar modal syariah. Namun, hubungan antara keduanya belum sepenuhnya dipahami, terutama dalam konteks budaya investasi jangka panjang. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah dan brand familiarity terhadap keputusan investasi serta menguji peran long-term orientation sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Penelitian ini melibatkan 291 masyarakat berusia 17-60 tahun yang tertarik melakukan investasi di pasar modal syariah Indonesia, yang dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring melalui Google Forms. Metode analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, sementara Moderated Regression Analysis (MRA) diterapkan untuk menguji efek moderasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif terhadap keputusan investasi. Brand familiarity ditemukan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Long-term orientation ditemukan berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Selain itu, long-term orientation tidak terbukti berperan sebagai variabel moderasi yang memperkuat hubungan antara literasi keuangan syariah dan keputusan investasi, serta antara brand familiarity dan keputusan investasi. Temuan ini menyoroti pentingnya peningkatan literasi keuangan syariah dan penguatan brand familiarity untuk meningkatkan keputusan investasi pada pasar modal syariah. Selain itu, organisasi disarankan untuk menanamkan budaya long-term orientation guna mendukung perilaku investasi yang lebih berkelanjutan. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Brand Familiarity, Keputusan Investasi, Long-Term Orientation, Pasar Modal Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2025 18:33
Last Modified: 23 Jul 2025 18:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item View Item