Yudha, Adhitya Prama (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_Adhitya Prama Yudha_23060210066_Tadris IPA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Adhitya Prama Yudha_23060210066_Tadris IPA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Adhitya Prama Yudha_23060210066_Tadris IPA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Yudha, Adhitya Prama. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Team Gemas Tournament (TGT) berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd Kata Kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT); Hasil Belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran direct instruction, (2) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran team games tournament (TGT), (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experiment menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasi terdiri dari 176 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan. Sampel diambil secara cluster random sampling, yaitu dua kelas masing-masing 32 peserta didik. Kelas VII E sebagai kelas eksperimen menggunakan model Team Games Tournament dengan media Wordwall, sedangkan kelas VII D sebagai kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction dengan media PowerPoint. Instrumen berupa soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Data dikumpulkan melalui tes (pretest-posttest) dan non-tes berupa angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA dengan model pembelajaran direct instruction memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,34 (2) dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran team games tournament berbantuan media wordwall memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,96 serta (3) Uji hipotesis menggunakan statistic parametrik dengan jenis uji independent sample t-test memeroleh nilai Sig (2-tailed) 0,043 < 0,05. Nilai Sig 0,043 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, didukung dengan angket respons peserta didik, dari 32 peserta didik kelas eksperimen 53,15% dikategorikan baik sekali dan 46,68 dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran team games tournament berbantuan media wordwall efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pokok bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia serta menumbuhkan keaktifan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 31 Aug 2025 05:00 |
Last Modified: | 31 Aug 2025 05:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |