Asanti, Yuni (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) BERBANTUAN MEDIA POP- UP BOOK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Yuni kiyowoo.pdf Download (6MB) |
Abstract
Asanti, Yuni. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) berbantuan media Pop-Up Book pada materi Interaksi Makhluk Hidup terhadap Pemahaman Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Kedungjati Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran , Pop-Up Book , Pemahaman , Interaksi Makhluk Hidup Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran POE berbantuan media Pop-Up Book pada materi Interaksi Makhluk Hidup terhadap Pemahaman Peserta Didik Kelas VII Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Pretest-Posttest Control Grup Design merupakan desain dari penelitian ini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP N 1 Kedungjati dengan 2 kelas sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian tes berupa soal pilihan ganda yang melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal,dan uji daya pembeda. Instrumen non tes berupa hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan adanya rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 74,19% sedangkan kelas kontrol sebesar 66,59%, terbukti kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selanjutnya, untuk uji hipotesis dengan menggunakan Independent sample t-test pada Equal Variances Assumed diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,035 yang berarti H0 ditolak dan H 1 diterima. Hasil penelitian ini juga didukung dengan hasil dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas tersebut. Pada kelas eksperimen memperoleh hasil persentase keberhasilan sebesar 96% dan kelas kontrol sebesar 92% yang artinya keterlaksanaan pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan sintaks pembelajaran. Kesimpulan untuk penelitian ini adalah model pembelajaran POE dengan berbantuan media Pop-Up Book efektif terhadap pemahaman peserta didik pada materi Interaksi Makhluk Hidup kelas VII SMP N 1 Kedungjati Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 16:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 16:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |