Sari, Ainur Novinda (2025) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI 31 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
AINUR NOVINDA SARI-23050210062-PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI 31 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
AINUR NOVINDA SARI-23050210062-PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI 31 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
AINUR NOVINDA SARI-23050210062-PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI 31 SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Ainur Novinda. 2025. Penanaman Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Di TK Kemala Bhayangkari 31 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata kunci: pendidikan karakter, metode pemberian tugas, kemandirian, anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pemberian tugas dalam penanaman pendidikan karakter mandiri pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 31 Salatiga, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan penanaman pendidikan karakter mandiri di TK Kemala Bhayangkari 31 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berupa data primer yaitu kepala sekolah, guru kelas, peserta didik. Sedangkan data sekunder berupa data dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter mandiri sudah diterapkan sejak tahun 2022 oleh TK Kemala Bhayangkari 31 Salatiga. Penanaman ini dilatarbelakangi melalui pemberian tugas yang terstruktur, baik di sekolah maupun di rumah. Tugas-tugas tersebut meliputi kegiatan individu seperti memimpin doa, mencuci tangan, merapikan alat tulis, serta tugas rumah seperti menggambar benda alam dan menghitung benda di sekitar. Faktor pendukung meliputi motivasi dari guru, keterlibatan orang tua, dan lingkungan belajar yang kondusif. Adapun faktor penghambat mencakup keterlambatan kognitif anak, kurangnya perhatian orang tua, dan lingkungan yang kurang mendukung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 21:09 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 21:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |