Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Podcast Sains Sekitar kita Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem Pada kelas VII MTs N salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025

Hayati, Risa Dewita (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Podcast Sains Sekitar kita Terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pengaruh Manusia Terhadap Ekosistem Pada kelas VII MTs N salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
risa dewita hayati 23060210001 (bab1,2,5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
risa dewita hayati 23060210001 (bab1,2,5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
risa dewita hayati 23060210001 (bab1,2,5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
risa dewita hayati 23060210001 (bab1,2,5).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Risa, Hayati Dewita. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Audio Podcast Sains Sekitar Kita terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem pada Kelas VII MTs N Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd.Kata Kunci: Efektivitas; Project Based Learning; Podcast; Hasil Belajar.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar IPA model pembelajaran direct instruction berbantuan PPT, (2) mengetahui hasil belajar IPA model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media audio podcastsains sekitar kita, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media audio podcast sains sekitar kita terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan pengaruh manusia terhadap ekosistem pada kelas VII MTs N Salatiga tahun pelajaran 2024/2025.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experiment menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs N Salatiga yang berjumlah 336. Sampel yang diambil yaitu 2 kelas, kelas VII H yang menggunakan model project based learning (PjBL) berbantuan media audio podcast sains sekitar kita, dan kelas VII yang menggunakan model direct instruction berbantuan PPT, masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Instrumentes berupa soal pilihan ganda yang melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkatkesukaran, dan uji daya pembeda. Prosedur pengumpulan data tes menggunakanpretest-posttest sedangkan data non-tes menggunakan angket respon, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA dengan model pembelajaran direct instruction berbantuan PPT memperoleh nilai rata-rata posttestsebesar 74,67 dengan nilai minimum 60, nilai maksimum 90, dan sum sebesar 2240.(2) hasil belajar IPA dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media audio podcast sains sekitar kita memperoleh nilai rata-rata posttestsebesar 80,33 dengan nilai minimun 60, nilai maksimum 90, dan sum sebesar 2410. (3) uji hipotesis menggunakan uji statistic parametrik dengan jenis uji independent t-testmemperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,005 < 0,05 dengan demikian nilai Sig 0,005 kurang dari 0,05 yang mengidentifikasikan penolakan terhadap H₀ sedangkan Hₐ diterima yang diperkuat oleh data angket respon peserta didik. Dari 30 peserta didik kelas eksperimen, 81,75% memberikan respon sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media audio podcast sains sekitar kita efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII MTs N Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada pokok bahasan pengaruh manusia terhadap ekosistem dan dapat meningkatkan sikap kolaboratif pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2025 21:54
Last Modified: 03 Oct 2025 21:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item