PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA, KEISLAMAN, DAN INTERNATIONAL BACCALAUREATE DI SM AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

musyarofah, Siti (2025) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA, KEISLAMAN, DAN INTERNATIONAL BACCALAUREATE DI SM AL FIRDAUS SURAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SITI MUSYAROFAH 23010200023.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SITI MUSYAROFAH 23010200023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Musyarofah, Siti. 2025. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Integrasi Kurikulum Merdeka, Keislaman, dan International Baccalaureate di SM Al Firdaus Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, Keislaman, International Baccalaureate Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1. Integrasi kurikulum merdeka, keislaman, dan International Baccalaureate; 2. Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam integrasi kurikulum merdeka, keislaman, dan International Baccalaureate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah yang sekaligus waka kurikulum dan guru pendidikan agama Islam. Adapun data pendukung meliputi over view, unit planer, TSC , assessed work, IB profile leaner, dan MYP guide book. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan validasi data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam dalam integrasi kurikulum merdeka, keislaman, dan International Baccalaureate di SM Al Firdaus; 1. Integrasi kurikulum tentunya mebutuhkan beberapa perencanaan guna mengembangkan kurikulum terpadu yang meliputi: tujuan sekolah, strategi, materi, penilaian, dukungan dan sumber daya, serta ruang lingkup dan urutannya; 2. Pembelajarn pendidikan agama Islam dalam integrasi kurikulum terdapat perencanaan pembelajaran dan asesmen yang meliputi analisis capaian pembelakaran, menyusun tujuan pembelajaran, dan merencanakan pembelajaran serta asesmen. Kemudian pelaksanaan pembelajaran dan asesmen. Terkahir pengolahan dan pelaporan hasil asesmen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2025 01:27
Last Modified: 06 Oct 2025 01:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25020

Actions (login required)

View Item View Item