PENGARUH KONSUMSI KONTEN INSTAGRAM @najwashihab TENTANG KENAIKAN PPN 12% TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DIGITAL VISUAL PADA GENERASI Z (Survei pada Mahasiswa KPI UIN Salatiga Angkatan 2021)

, Nayla Imroatul Mumtaza (2025) PENGARUH KONSUMSI KONTEN INSTAGRAM @najwashihab TENTANG KENAIKAN PPN 12% TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DIGITAL VISUAL PADA GENERASI Z (Survei pada Mahasiswa KPI UIN Salatiga Angkatan 2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)
[img] Text
NAYLA IMROATUL (KPI)-(43010210135).pdf

Download (3MB)

Abstract

Generasi Z sebagai pengguna aktif media sosial Instagram memiliki kebutuhan literasi digital visual yang tinggi untuk memahami dan menginterpretasikan informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Dalam konteks ini, konten Instagram @najwashihab mengenai PPN 12% menjadi salah satu sumber informasi yang relevan untuk meningkatkan literasi digital visual generasi Z. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan antara lain 1) untuk mengetahui pengaruh konsumsi konten Instagram @najwashihab tentang kenaikan PPN 12% Terhadap Peningkatan literasi digital visual pada mahasiswa KPI UIN Salatiga angkatan 2021. 2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh konsumsi konten Instagram @najwashihab tentang kenaikan PPN 12% Terhadap Peningkatan literasi digital visual pada mahasiswa KPI UIN Salatiga angkatan 2021. Dengan menggunakan teori Uses and Gratification dan teori literasi digital penelitian ini akan menganalisis bagaimana generasi Z menggunakan media sosial Instagram untuk memenuhi kebutuhan informasi dan meningkatkan literasi digital visual mereka. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah mahasiswa KPI UIN Salatiga angkatan 2021. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga mendapatkan hasil 100 followers sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan jenis skala likert yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian ini dibantu oleh SPSS versi 27 menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu terbukti 1) adanya pengaruh konsumsi konten Instagram @najwashihab Terhadap Peningkatan literasi digital. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,000<0, 05, dengan nilai t hitung>t tabel (11,134>1, 984) Sehingga dapat dikatakan H1 diterima dan H0 ditolak. 2) Diperoleh Y= 12,032+1,818X, yang menunjukkan bahwa pengaruh antara konsumsi konten Instagram @najwashihab (X) terhadap literasi digital (Y) bernilai positif. Koefisien regresi variabel konsumsi konten Instagram @najwashihab (X) sebesar 1,818 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai konsumsi konten Instagram, maka nilai peningkatan literasi digital bertambah 1,818.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:45
Last Modified: 06 Oct 2025 02:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item