Rohmaniyah, Khoirotur (2025) GENERASI UNGGUL PERSPEKTIF TAFSIR AL-MARAGHI. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Khoirotur Rohmaniyah-53020210126-Generasi Unggul Perspektif Tafsir Al-Maraghi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Khoirotur Rohmaniyah-53020210126-Generasi Unggul Perspektif Tafsir Al-Maraghi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Khoirotur Rohmaniyah-53020210126-Generasi Unggul Perspektif Tafsir Al-Maraghi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini hasil dari penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada telaah kepustakaan (library research) dengan analisis deskriptif dengan pendekatan tafsir tematik (maudhu’i). Fokus kajian dalam penelitian ini adalah penerapan metodologi Tafsir Al-Maraghi sebagai pendekatan dalam menafsirkan al-Qur’an. Melalui pendekatan Tafsir Al-Maraghi inilah menggali nilai-nilai pendidikan yang membentuk karakter generasi unggul, mencakup aspek keimanan, moral, sosial, dan penguasaan ilmu pengetahuan, serta relevansinya dalam menjawab tantangan pendidikan di era kontemporer. Dari hasil analisis diperoleh bahwa generasi unggul menurut Tafsir Al-Maraghi memiliki karakter berupa keimanan yang kuat, tanggung jawab sosial, keadilan, amanah, dan penguasaan ilmu pengetahuan. Ciri-ciri ini dijelaskan melalui penafsiran ayat-ayat dalam Surah An-Nisa’ ayat 9, 36, 58, dan 135. Ayat-ayat tersebut kemudian dianalisis berdasarkan penafsiran Ahmad Musthafa Al-Maraghi, untuk menemukan nilai-nilai yang dapat dijadikan indikator pembentukan generasi unggul. Konsep ini sangat relevan dalam konteks pendidikan modern karena menekankan keseimbangan antara kecerdasan intelektual, spiritualitas, dan karakter. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa generasi unggul menurut Tafsir Al-Maraghi memiliki karakteristik utama berupa keimanan yang kokoh, akhlak yang mulia, Amanah, adil, berilmu, peduli sosial, serta bertanggung jawab terhadap masa depan generasi dan masyarakatnya. Al-Maraghi menekankan pentingnya keseimbangan antara spiritualitas dan penguasaan ilmu serta konstribusi nyata terhadap Pembangunan Masyarakat. Konsep ini sangat relevan dengan amanat konstitusi Indonesia, khususnya pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur ha katas pendidikan (pasal 31), hak untuk berkembang dan hidup Sejahtera (Pasal 28C dan 28H), serta kewajiban untuk menjaga persatuan dan keadilan sosial (Pasal 27, 30, dan pembukaan UUD 1945). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep generasi unggul menurut Tafsir Al-Maraghi memiliki pendekatan yang menyeluruh, mencakup aspek spiritual, etika, karakter, fisik dan sosial. Gagasan ini sangat relevan untuk diimplementasikan dalam dunia pendidikan dan pengembangan karakter bangsa, guna mewujudkan generasi yang unggul secara lahiriah maupun batiniah. Kata Kunci : Generasi Unggul, Tafsir Al-Maraghi, Pendidikan, Nilai Moral, Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 16:51 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 16:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |