Cahyani, Aslinda Dwi (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Permainan Berburu Ubur-ubur Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Peserta Didik Kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Aslinda Dwi Cahyani 23040210074 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Permainan Berburu Ubur-ubur Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aslinda Dwi Cahyani 23040210074 Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Permainan Berburu Ubur-ubur Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang.pdf Download (1MB) |
Abstract
Cahyani, Aslinda Dwi. 2025. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dengan Permainan Berburu Ubur-ubur Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Peserta Didik Kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Hesti Ariestina, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Team Games Tournament; Permainan Berburu Ubur-ubur; Hasil Belajar; Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan permainan berburu ubur-ubur terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan metode Quasi Eksperimen dan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian mempunyai 2 variabel, dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan permainan berburu ubur-ubur sebagai variabel bebas dan hasil belajar materi bangun ruang kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga sebagai variabel terikat. Waktu penelitian pada bulan Mei 2025. Penelitian terdiri dari 42 sampel peserta didik, yaitu kelas VA atau kelas kontrol dan kelas VB atau kelas eksperimen yang sama-sama berjumlah 21 peserta didik. Instrumen diuji coba dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran. Sementara uji hipotesis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan permainan berburu ubur-ubur cukup efektif terhadap hasil belajar materi bangun ruang pada peserta didik kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil uji Paired Sample T-Test pada hasil belajar pengetahuan (kognitif) peserta didik menunjukkan Sig. sebesar 0,00 < 0,05, hasil observasi keaktifan (afektif) peserta didik menunjukkan Sig, (2-tailed) sebesar 0,006 < 0,05, dan hasil observasi keterampilan (psikomotorik) peserta didik menunjukkan Sig. sebesar 6,87 dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pengetahuan pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Uji keaktifan (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) peserta didik juga menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,006 dan 0,000 (p < 0,05), menandakan peningkatan keaktifan dan keterampilan yang lebih baik pada kelas eksperimen. Selanjutnya, hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 56,2% (kategori cukup efektif), sedangkan kelas kontrol hanya 12,7% (kategori tidak efektif). Sehingga secara statistik model team games tournament dengan permainan berburu ubur-ubur terbukti efektif terhadap hasil belajar bangun ruang. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan permainan berburu ubur-ubur efektif dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan, keaktifan, dan keterampilan matematika materi bangun ruang pada peserta didik kelas V MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 14:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 14:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |