Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tuna Grahita TK ABK Rumah Pintar Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

Putri, Ailsa Rahma Maulana (2025) Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tuna Grahita TK ABK Rumah Pintar Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AILSA RAHMA MAULANA PUTRI (23050210028)_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri, Ailsa. 2025. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Tunagrahita TK ABK Rumah Pintar Salatiga Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Guru Kelas, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata kunci : Permainan Ular Tangga; kemampuan Mengenal Angka; Anak Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan ular tangga dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan di TK ABK Rumah Pintar Salatiga. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah lima anak tunagrahita ringan (tiga laki-laki dan dua perempuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes lisan, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa lembar observasi, pedoman tes lisan, serta dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data di dalam penelitian ini, menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak tunagrahita ringan setelah penerapan permainan ular tangga. Pada siklus I, persentase rata-rata kemampuan anak sebesar 38,3% dan termasuk kategori Mulai Berkembang (MB). Pada siklus II terjadi peningkatan signifikan dengan persentase rata-rata mencapai 76,3% dan berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Penelitian dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal sebesar ≥75% dan seluruh peserta didik mencapai ketuntasan secara individual, yaitu 1 anak pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 4 anak pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Oct 2025 17:12
Last Modified: 07 Oct 2025 17:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25106

Actions (login required)

View Item View Item