aliyah, Naimatul (2025) PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Demak. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
NAIMATUL ALIYAH_63010210112_PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NAIMATUL ALIYAH_63010210112_PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NAIMATUL ALIYAH_63010210112_PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NAIMATUL ALIYAH_63010210112_PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING..pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
NAIMATUL ALIYAH_63010210112_PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING..pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kepatuhan terhadap prinsip syariah (sharia compliance) dan strategi pemasaran relasional memengaruhi loyalitas nasabah, dengan kepuasan sebagai variabel yang memediasi hubungan tersebut. Objek kajian adalah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Demak. Meskipun antusiasme masyarakat terhadap layanan bank syariah cukup tinggi, masih terdapat keluhan terkait kepuasan layanan dan persepsi terhadap kepatuhan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 385 responden, dan data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sharia compliance tidak memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas, tetapi menunjukkan dampak melalui kepuasan nasabah. Sementara itu, pemasaran relasional terbukti memiliki pengaruh baik secara langsung maupun melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Hal ini menegaskan bahwa kepuasan nasabah memainkan peran sentral dalam meningkatkan loyalitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 13:48 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 13:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |