PUTRA, DICKY ANANDA WAHYU (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Dicky Ananda 23060210017 repository.pdf Download (1MB) |
Abstract
Putra, Dicky Ananda Wahyu. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran Kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd Kata Kunci: Efektivitas; Model Pembelajaran Numbered Heads Together; Hasil Belajar IPA Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran direct instruction, (2) mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran numbered heads together, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan unsur, senyawa, dan campuran kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true experiment menggunakan desain penelitian pretest-posttesst control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 106 peserta didik. Sampel yang diambil yaitu 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 peserta didik dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Prosedur pengumpulan data tes menggunakan pretest-posttest sedangkan data non-tes menggunakan angket respon. Teknis analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA dengan model direct instruction memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,60 (2) dan hasil belajar IPA dengan model numbered heads together memeroleh nilai rata-rata sebesar 79,75 serta (3) Uji hipotesis menggunakan statistic parametrik dengan jenis uji independent sample t-test memeroleh nilai Sig (2-tailed) 0,032 < 0,05. Dengan demikian nilai Sig 0,032 kurang dari 0,05 yang mengindikasikan penolakan terhadap Ho dan penerimaan terhadap Ha, yang diperkuat oleh data angket respon peserta didik. Dari 28 peserta didik kelas eksperimen, 93% memberikan kategori sangat baik dan 7% dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran numbered heads together efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat menumbuhkan sikap kolaboratif serta tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar menggunakan model numbered heads together dibandingkan dengan model direct instruction.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 14:33 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 14:33 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |