TINJAUAN ETIKA UTILITARIANISME DAN PRINSIP MUAMALAH TERHADAP PENJUALAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE (Studi Kasus Para Pengguna Skincare The Originote di TikTok)

Setiani, Ambar (2025) TINJAUAN ETIKA UTILITARIANISME DAN PRINSIP MUAMALAH TERHADAP PENJUALAN PRODUK SKINCARE THE ORIGINOTE (Studi Kasus Para Pengguna Skincare The Originote di TikTok). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Ambar Setiani_33020210030_Tinjauan Etika Utilitarianisme dan Prinsip Muamalah Terhadap Penjualan Produk Skincare The Originote (Studi Kasus Para Pengguna Skincare The Originote di TikTok).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ambar Setiani_33020210030_Tinjauan Etika Utilitarianisme dan Prinsip Muamalah Terhadap Penjualan Produk Skincare The Originote (Studi Kasus Para Pengguna Skincare The Originote di TikTok).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Setiani, Ambar. 2025. Tinjauan Etika Utilitarianisme dan Prinsip Muamalah Terhadap Penjualan Produk Skincare The Originote (Studi Kasus Para Pengguna Skincare The Originote di TikTok). Skripsi. Fakultas Syari’ah, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Taufiq Zam Zami, S.H.I, M.A. Kata Kunci : Klaim Produk Tidak Sesuai Komposisi, Etika Utilitarianisme, Prinsip Muamalah Perkembangan pesat industri skincare di Indonesia, didukung e-commerce dan media sosial, telah meningkatkan kesadaran perawatan kulit. Namun, muncul persoalan overclaim oleh produsen yang memberikan klaim produk berlebihan terhadap komposisi dan manfaat. Keresahan ini mengemuka ketika konsumen membagikan pengalaman di TikTok, seperti pada kasus The Originote yang terbukti menjual produk dengan klaim tidak sesuai komposisi. Fenomena ini memicu pertanyaan oleh peneliti mengenai : bagaimana praktik penjualan produk skincare The Originote yang tidak sesuai komposisi? bagaimana tinjauan etika utilitarianisme terhadap praktik penjualan produk skincare The Originote yang tidak sesuai komposisi? bagaimana penjualan produk skincare The Originote yang tidak sesuai komposisi ditinjau menurut prinsip muamalah? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan konsumen The Originote yang terdampak dan membagikan pengalaman di TikTok. Data sekunder berasal dari literatur, jurnal, dokumen, serta hasil uji laboratorium relevan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan triangulasi untuk validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik penjualan produk skincare The Originote memberikan klaim dengan presentase bahan aktif seperti niacinamide 10% dalam produk Gluta Bright B3 Serum dan konsentrasi tinggi retinol dalam Retinol B3 Serum tidak sesuai dengan komposisi aslinya. Di tinjauan dari etika utilitarianisme, tindakan produsen yang menguntungkan diri sendiri namun merugikan mayoritas konsumen (secara finansial, psikologis, dan moral) tidak sejalan dengan prinsip kebahagiaan terbesar bagi banyak orang. Adapun ditinjau dari prinsip-prinsip muamalah, praktik ini melanggar prinsip kejujuran dan transparansi, keadilan, kemaslahatan, saling menguntungkan, dan kebebasan atau kebolehan. Karena tindakan pelaku usaha yang menyampaikan informasi yang tidak akurat dan tidak transparan terkait kualitas serta kandungan produk. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan informasi yang menguntungkan salah satu pihak dan merugikan pihak lain, baik secara psikologis maupun materiil bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2025 16:34
Last Modified: 08 Oct 2025 16:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25158

Actions (login required)

View Item View Item