HASYIM, MUHAMMAD FUAD (2025) IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI PADA SISWA ASRAMA NURUL ULUM MAN PURWOREJO TAHUN 2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI Muhammad Fuad Hasyim 23010180140.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Muhammad Fuad Hasyim 23010180140.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Muhammad Fuad Hasyim 23010180140.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Muhammad Fuad Hasyim 23010180140.pdf Download (1MB) |
Abstract
Muhammad Fuad Hasyim. 2025. Implementasi Karakter Religius Dan Mandiri Siswa Asrama Nurul Ulum Man Purworejo Tahun 2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Bapak Guntur Cahyono, M. Pd. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Religius, Mandiri, Siswa Asrama, MAN Purworejo Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo dengan objek penelitian adalah siswa Asrama Nurul Ulum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius dan mandiri siswa di Asrama Nurul Ulum MAN Purworejo tahun 2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembentukan karakter dalam dunia pendidikan, terutama dalam membina siswa agar memiliki akhlak mulia dan kemandirian yang kuat, terlebih dalam lingkungan asrama yang menyediakan pengawasan dan pembinaan 24 jam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala asrama, pengurus asrama, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi karakter religius dilakukan melalui kegiatan pembiasaan seperti sholat berjamaah, tadarus, mujahadah, kajian kitab, tahfidz Al-Qur’an, serta peringatan hari besar Islam. Sementara itu, karakter mandiri dibentuk melalui kegiatan seperti pengelolaan keuangan pribadi, tanggung jawab tugas harian, dan kepatuhan terhadap tata tertib asrama. Faktor penghambat dalam implementasi karakter meliputi latar belakang siswa, rendahnya kesadaran diri, dan pengaruh lingkungan pertemanan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pembentukan karakter meliputi pendekatan personal oleh pengurus, pemberian fasilitas pendukung, program matrikulasi, serta koordinasi antara pihak asrama dan orang tua. Penelitian ini merekomendasikan penguatan program pembiasaan karakter serta evaluasi rutin terhadap pelaksanaannya untuk mendukung keberhasilan pendidikan karakter secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 21:40 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 21:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |