Cahyani, Rita Erviana (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERPENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUE MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Rita Erviana.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui: (1) hasil analisis kebutuhan e-LKPD; (2) karakteristik e-LKPD yang dikembangkan; (3) kelayakan e-LKPD yang dikembangkan; (4) ser21ta kepraktisan media e-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi hanya sampai uji coba kepraktisan. Subjek dalam penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, dan 2 orang guru mata Pelajaran IPA sebagai praktisi, dan 30 orang peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara serta data kuantitatif diperoleh dari hasil angket kelayakan dan kepraktisan menggunakan skor penilaian skala likert. Hasil penelitian menunjukkan 1) Adanya kebutuhan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan kebutuhan media e-LKPD Berpendekatan Socio Scientific Issue yang mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi. 2) Karakteristik pengembangan media e-LKPD Berpendekatan Socio Scientific Issue yaitu terdapat bahan bacaan pokok bahasan Berpendekatan Socio Scientific Issue serta menunjukkan kasus fenomena sehari-hari, mengandung soal-soal HOTS, dan memiliki tampilan yang menarik bagi siswa. 3) Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase kelayakan 94% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan 96,50% dengan kategori sangat layak 4) Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 94% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba terbatas 90,20%, uji coba kelompok kecil 91,18%, dan uji coba lapangan 92,10%.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:11 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 00:11 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
