PENGARUH METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PAPAN PUZZLE PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA TOLERANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT NIDAUL HIKMAH TAHUN 2024/2025

Mauludiyah, Hidayah (2025) PENGARUH METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA PAPAN PUZZLE PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA TOLERANSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT NIDAUL HIKMAH TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hidayah Mauludiyah_23040210040_Skripsi (1) fikssssssssssssssssssssssss.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hidayah Mauludiyah_23040210040_Skripsi (1) fikssssssssssssssssssssssss.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mauludiyah, Hidayah, 2025. Pengaruh Metode Kooperatif learning Tipe Jigsaw Dengan Media Papan Puzzle Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Toleransi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Nidaul Hikmah. Kata Kunci: Metode Kooperatif learning Tipe Jigsaw, Media Papan Puzzle, Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah,(1) untuk mengetahui penggunaan metode kooperatif learning tipe Jigsaw dengan bantuan media papan Puzzle terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDIT Nidaul Hikmah, (2) mengetahui hasil belajar pada penggunaan metode kooperatif learning tipe jigsaw dengan bantuan media papan Puzzle pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV SDIT Nidaul Hikmah. Desain eksperimen semua yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen Desain, yang melibatkan dua kelompok yaitu eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok eksperimen siswa diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning dengan menggunakan bantuan media papan Puzzle, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar dianggap sebagi variabel terikat dalam metode pembel;ajaran kooperatif dengan bantuan media paapan Puzzle. Peserta didik dikelas IV SDIT Nidaul Hikmah digunakan sebagai sample penelitan. Sebagian besar peserta ddik yang diguanakan berjumlah 42, peserta didik kelas eksperimen sebanyak 22 dan kelas kontrol sebanyak 20. Dalam penelitian ini, teknik analisis data Independent sanple T-test digunakan untuk menentukan apakah penggunakan metode kooperatif learning tipe jigsaw dengan bantuan media papan Puzzle berdampak pada hasil belajar siswa. Adapun faktor pendukung media papan puzzle bagi seorang pendidik adalah dapat menggunakan media tersebut sebagai alat asesmen informal untuk melihat pemahaman siswa terhadap suatu materi dengan cara menyenangkan dan tidak menegangkan, membantu diferensiasi pembelajaran dengan tingkat kemampuan siswa, menciptakan pembelajaran yang aktif yaitu menyediakan ruang gabi sswa untuk belajar dengan bergerak, mencoba, dan berdiskusi sehingga pembelajaran tidak monoton. Sedangkan faktor penghambat penggunakan media papan puzzle adalah keterbatasan waktu pembelajaran, selain itu media papan puzzle hanya dapat digunakan untuk materi tertentu saja. Penelitian ini menemukan bahwa ketika menggunakan metode kooperatif learning dengan bantuan papan Puzzle, hasil belajar siswa berubah. Hasil nilai post- test rata-rata kelas menunjukkan hal ini. eksperimen mencapai nilai 85,09, sementara nilai rata-rata kelas kontrol hanya 62.15. Selain itu, hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, karena nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000, yang berarti nilainya lebih kecil dari 0,05. Setelah perlakuan diberikan, terlihat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran metode kooperatif learning tipe jigsaw yang berbantuan. media untuk papan Puzzle.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 01:17
Last Modified: 09 Oct 2025 01:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item