IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF PULUTAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

RAMADHANI, LUTFIA (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF PULUTAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Lutfia Ramadhani-23040210017--IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF PULUTAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui pembelajaran Bahasa Indonesia, mengetahui adanya hambatan dalam implementasi strategi mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Ma’arif Pulutan, dan mengetahui solusi guru dalam mengatasi hambatan dalam implementasi strategi mind mapping dalam menulis karangan narasi siswa melalui pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI Ma’arif Pulutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deduktif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yang diperoleh dari informasi kepala sekolah, informasi dari guru mapel dan informasi dari siswa kelas V MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Sedangkan data sekunder yaitu hasil observasi kondisi siswa dan dokumentasi yang meliputi RPP, media, profil sekolah, kurikulum, program pembelajaran dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Implementasi strategi mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi telah dilakukan guru secara terencana, bertahap, dan menyeluruh dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, dalam implementasi strategi mind mapping, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru dan siswa. Hambatan utama berasal dari keterbatasan waktu pembelajaran yang hanya berlangsung selama satu jam pelajaran, sehingga guru harus mampu mengatur waktu dengan efisien untuk mencakup seluruh tahapan, mulai dari penjelasan konsep, pembuatan peta pikiran, hingga penulisan karangan. Dan yang ketiga, yaitu Guru memiliki beberapa solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut, sehingga implementasi pembelajaran tetap dapat berjalan optimal. Guru mengatur strategi dengan memberikan contoh mind mapping yang lengkap sebagai referensi siswa, dan membimbing proses pembuatan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2025 17:31
Last Modified: 09 Oct 2025 17:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item