Fadhilah, Risma Nur (2025) Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren dari Pendidikan Non-formal ke Pendidikan Formal (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Muta'alimin Tahun 1991-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Risma nur fadhilah-53010210027-Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren dari Pendidikan Non-formal ke Formal (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Muta'alimin Tahun 1991-2021.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Risma nur fadhilah-53010210027-Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren dari Pendidikan Non-formal ke Formal (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Muta'alimin Tahun 1991-2021.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Risma nur fadhilah-53010210027-Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren dari Pendidikan Non-formal ke Formal (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Muta'alimin Tahun 1991-2021.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Risma Nur Fadhilah. 2025. Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Bustanul dari Pendidikan Non-formal Ke Pendidikan Formal (Studi Kasus Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin 1991-2021).Skripsi. Program Studi Sejarah Peradaban Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Salatiga 2025. Pembimbing : Prof. Dr. Supardi, S.Ag.,M.A. Hasil dari penelitian skripsi ini membahas tentang sejarah perkembangan Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin dari sistem pendidikan Non-formal menuju pendidikan formal pada rentang waktu 1991 hingga 2021. Pondok pesantren ini awalnya hanya menyelenggarakan pengajian kitab kuning secara tradisional tanpa kurikulum formal. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan Masyarakat terhadap pendidikan yang terakreditasi, pondok pesantren mulai bertranformasi dengan mendirikan lembaga pendidikan formal, seperti Madrasah Aliyah (MA) Madrasah Tsanawiyah (MTS) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang, proses transformasi, tantangan, serta dampak dari perubahan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Bustanul Muta’alimin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan pendekatan kualitatif, melalui studi literatur, dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait seperti pengasuh pondok, guru, alumni, dan masyarakat sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi ini tidak berlangsung secara instan, melainkan melalui proses panjang yang penuh dinamika, mulai dari penolakan internal, keterbatasan sumber daya, hingga kendala administratif. Namun, berkat komitmen pengasuh dan dukungan masyarakat, lembaga pendidikan formal akhirnya berhasil didirikan dan berkembang. Penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi pendidikan di pesantren merupakan langkah strategis dalam menjawab tantangan zaman, sekaligus tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman yang menjadi identitas pesantren. Kata Kunci : Sejarah, Pondok Pesantren, Non-Formal,Formal, Transformasi Pendidikan, Bustanul Muta’alimin
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Sejarah Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 19:11 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 19:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |