Kinanthi, Virgita Putri (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI VIRGITA PUTRI KINANTHI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kinanthi, Virgita Putri. 2025. Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedungjati Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Problem Based Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungjati tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimen dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungjati tahun pelajaran 2024/2025 dengan sampel siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 68 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Clustered Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data yang diperoleh memiliki distribusi normal dan homogen. Selanjutnya, dengan menggunakan uji Independent Sample t-Test didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka, H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 83,68 > 75,29. Terakhir, berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain, diperoleh rata-rata 0,6278 pada kelas eksperimen dan diperoleh 0,4625 pada kelas kontrol. Hasil dari kedua rata-rata N-gain baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol menunjukkan bahwa tergolong dalam klasifikasi sedang. Namun, nilai pada kelas eksperimen lebih unggul daripada nilai pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kedungjati tahun pelajara 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 18:08 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 18:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |