Pengaruh Fanatisme Terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar JKT48 di Fanbase Liamelior

Ardiansyah, Mohamad Farhan (2025) Pengaruh Fanatisme Terhadap Perilaku Konsumtif pada Penggemar JKT48 di Fanbase Liamelior. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Mohamad Farhan Ardiansyah 43040200052 Pengaruh Fanatisme Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar JKT48 di Fanbase Liamelior.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena fanatisme terhadap idola telah menjadi bagian dari dinamika sosial masyarakat modern, khususnya dalam komunitas penggemar musik populer. JKT48 sebagai salah satu grup idola di Indonesia memiliki fanbase dengan tingkat loyalitas tinggi, salah satunya adalah Liamelior. Keterlibatan penggemar dalam berbagai bentuk dukungan emosional dan finansial terhadap idola mereka memunculkan pola perilaku konsumtif yang menarik untuk diteliti dalam perspektif psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat fanatisme dan perilaku konsumtif penggemar JKT48 di fanbase Liamelior serta menguji pengaruh antara keduanya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 120 anggota fanbase yang dipilih melalui metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat fanatisme penggemar memperoleh nilai grand mean sebesar 3,15 yang tergolong dalam kategori tinggi. Lalu untuk tingkat perilaku konsumtif memperoleh nilai grand mean sebesar 3,11 yang tergolong dalam kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fanatisme terhadap perilaku konsumtif, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,834. Artinya, 83,4% perilaku konsumtif penggemar dipengaruhi oleh tingkat fanatisme mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat fanatisme seseorang terhadap idolanya, maka semakin besar pula kecenderungannya untuk terlibat dalam perilaku konsumtif sebagai bentuk dukungan dan identifikasi diri terhadap idola tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2025 16:24
Last Modified: 13 Oct 2025 16:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item