Kurniawan, Muhamad Rifki (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHAN ALAM DALAM MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM SULTAN FATTAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
MUHAMAD RIFKI KURNIAWAN 23050210049 SKRIPSI PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHAN ALAM .pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurniawan, Muhamad Rifki. 2025. Penerapan Pembelajaran Bahan Alam Dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Pada Anak Kelompok B di TK Islam Sultan Fattah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dewi Wulandari, M. Sn. Kata Kunci: Pembelajaran, Bahan Alam, Kesadaran Lingkungan, Anak Usia Dini, Kelompok B Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembelajaran bahan alam di TK Islam Sultan Fattah Kota Salatiga TAHUN 2024/2025, untuk mengetahui bagaimana membangun kesadaran lingkungan pada anak dengan pembelajaran bahan alam di TK Islam Sultan Fattah Kota Salatiga dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menerapkan pembelajaran bahan alam di TK Islam Sultan Fatah Kota Salatiga. Metode penelitian yang diimplementasikan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini mengunakan model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh data dengan beberapa tahapan meliputi, bentuk pembelajarannya yang diterapkan meliputi kolase dari bahan alam, pembuatan kendaraan dari bahan alam, eksperimen, kegiatan berkebun dan merawat tanaman serta ecoprint. Kesadaran lingkungan dalam pembelajaran bahan alam diantaranya sikap peduli lingkungan, mengenal jenis- jenis tanaman, cinta kebersihan dan menghemat air. Faktor pendukung dalam pembelajaran bahan alam meliputi lingkungan sekolah yang hijau, ketersediaan bahan-bahan alam yang memadai dan model pembelajaran outdoor. Sedangkan faktor penghambat yaitu faktor anak atau siswa kondisi emosional dan kesiapan diri, kondisi cuaca tidak menentu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 19:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 19:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |