Shabrina, Niken Weningtyas Nindya Nur (2025) Pengaruh Regulasi Diri dan Intensitas Penggunaan Gadget terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
E-Repository Skripsi_Niken Weningtyas NNS_43040210091.pdf Download (789kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui adanya pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. (2) Mengetahui adanya pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. (3) Mengetahui adanya pengaruh regulasi diri dan intensitas penggunaan gadget terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey eksplanatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Adapun jenis kuesioner yang dipakai berbentuk skala penelitian yaitu skala regulasi diri, skala intensitas penggunaan gadget, dan prokastinasi akademik yang disusun oleh peneliti. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 153 siswa aktif kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Regulasi diri berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perhitungan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung -8,051 > 1,975 (ttabel), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Intensitas penggunaan gadget berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perhitungan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,416 > 1,975 (ttabel), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (3) Regulasi diri dan intensitas penggunaan gadget berpengaruh secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perhitungan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 36,144 > 3,06, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh antara regulasi diri (X1) dan intensitas penggunaan gadget (X2) terhadap prokrastinasi akademik (Y). Diketahui nilai R Square sebesar 0,325, hal ini menunjukan bahwa variabel regulasi diri dan intensitas penggunaan gadget memberikan pengaruh sebesar 32,5% terhadap variabel prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Salatiga. Sementara itu, sisanya 67,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 05:30 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 05:30 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
