Widyawati, Indah (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Cards Match terhadap Hasil Belajar dan Retensi Materi Sistem Ekskresi Manusia pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Indah Widyawati - 23060210045.pdf Download (722kB) |
|
|
Text
Indah Widyawati - 23060210045.pdf Download (722kB) |
|
|
Text
Indah Widyawati - 23060210045.pdf Download (722kB) |
|
|
Text
Indah Widyawati - 23060210045.pdf Download (722kB) |
|
|
Text
Indah Widyawati - 23060210045.pdf Download (722kB) |
Abstract
Widyawati, Indah. 2025. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Cards Match terhadap Hasil Belajar dan Retensi Materi Sistem Ekskresi Manusia pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata Kunci: Model ICM, Hasil Belajar, Retensi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index cards match terhadap hasil belajar dan retensi materi sistem ekskresi manusia pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif berjenis Quasi-Eksperiment dengan desain Nonequivalent control group design. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu menggunakan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan model pembelajaran Index Cards Match. Sedangkan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang akan menerima perlakuan model pembelajaran Discovery Learning, dengan jumlah sampel yaitu 39 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument soal, angket, dan lembar observasi. Data diolah melalui teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji koefisien korelasi dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan menggunakan bantuan program SPSS 26.0. Hasil analisis data tes untuk pengukuran hasil belajar melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 55,29 dan posttest 83,95. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata pretest 48,25 dan posttest 54,00 Untuk hasil analisis data tes pengukuran retensi melalui retest pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 85,26. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan hasil rata-rata retest sebesar 45,75. Hasil penelitian menunjukkan besarnya uji koefisien korelasi nilai Pearson Correlation yaitu 0,568 untuk hasil belajar dan 0,609 untuk retensi, keduanya lebih besar dari rtabel yaitu 0,316. Besarnya nilai r2 sebesar 0,322 yang menunjukkan 32,2% variabel X berpengaruh terhadap variabel Y1 (hasil belajar) dan 0,371 yang menunjukkan 37,1% variabel X berpengaruh terhadap variabel Y2 (retensi). Nilai signifikansi pada uji regresi linier sederhana menunjukkan angka 0,011 < 0,05 dengan persamaan Y = 32,711 + 7,377X dan 0,006 < 0,05 dengan persamaan Y = 56,690 + 4,014X. Hasil tersebut juga didukung oleh hasil angket dan lembar observasi dengan persentase sebesar 82% dan 77,5% yang berarti siswa merespon model pembelajaran dengan sangat positif dan sebagian besar sintak terlaksana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe index cards match berpengaruh terhadap hasil belajar dan retensi materi sistem ekskresi manusia.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 14:55 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 14:55 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
