Fatimaturrizqiyah, Miftah (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN KONSEP GAMIFIKASI PADA MATERI STRUKTUR BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SKRIPSI MIFTAH FATIMATURRIZQIYAH-23060210050.pdf Download (6MB) |
Abstract
Fatimaturrizqiyah, Miftah. 2025. Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dengan Konsep Gamifikasi Pada Materi Struktur Bumi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Project Based Learning (PjBL); Gamifikasi; Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Dharma Lestari Salatiga. Berdasarkan wawancara, rendahnya hasil belajar dilihat dari nilai siswa yang tidak mencapai nilai KKM yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas model PjBL dengan konsep Gamifikasi pada materi Struktur Bumi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Kuantitatif eksperimen dengan metode True-Experimentasl Design yang menerapkan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga yang terdiri dari kelas VIII A-D yang berjumlah 108 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling, sehingga terpilih 2 subjek penelitian yaitu kelas eksperimen (VIII D) yang menggunakan model PjBL dengan konsep gamifikasi yang menghasilkan produk Kelabu (Kertas Lapisan Bumi) dan kelas control (VIII C) yang menggunakan model Discovery Learning. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan instrument Soal, angket, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji Independent Sample T-Test menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen > kelas kontrol (77,87 > 71,77). Dibuktikan dengan uji Independent Sample T-Test yaitu nilai t_hitung>t_tabel (3,047 > 1,998) dengan nilai signifikasi 0,003 < 0,05. Dari data tersebut maka diartikan bahwa hipotesis H_O ditolak dan H_a diterima. Hal itu juga dikuatkan dengan lembar observasi aktivitas siswa pada sintak PjBL dengan konsep gamifikasi menunjukkan nilai rata-rata persentase 76,1%, dan lembar angket, nilai persentasenya yaitu 80,87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PjBL dengan konsep gamifikasi pada materi struktur bumi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi dari penelitian ini yaitu memberikan fasilitas guru untuk menerapkan model PjBL dengan konsep gamifikasi menjadi strategi pencapaian pembelajaran yang inovatif dan efektif terhadap hasil belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 00:05 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 00:05 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
