Maulana, Muhammad Farhan (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY DENGAN BRAND AWARENESS DAN CUSTOMER BRAND ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen HMNS). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Muhammad Farhan Maulana-63040210143-PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY DENGAN BRAND AWARENESS DAN CUSTOMER BRAND ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA KONSUMEN HMNS).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran krusial pemasaran media sosial dalam membangun ekuitas merek di era digital, di mana terdapat inkonsistensi hasil mengenai pengaruh langsungnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh social media marketing terhadap brand equity dengan menguji peran mediasi dari brand awareness dan customer brand engagement pada konsumen merek parfum HMNS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 160 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan dianalisis dengan PLS-SEM. Temuan utama menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara spesifik, brand awareness dan customer brand engagement terbukti menjadi mediator yang signifikan dalam hubungan tersebut. Disimpulkan bahwa strategi pemasaran media sosial membangun brand equity secara efektif dengan terlebih dahulu menanamkan kesadaran dan memupuk keterlibatan aktif konsumen. Implikasinya, perusahaan harus merancang strategi konten yang tidak hanya bertujuan untuk visibilitas, tetapi juga secara aktif mendorong interaksi untuk mengubah upaya pemasaran menjadi aset merek yang solid dan bernilai Kata kunci: social media marketing, brand equity, brand awareness, customer brand engagement.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 18:22 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 18:22 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
