DAMPAK PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGATAHUN AJARAN 2024/2025

Wardhani, Rafifah Kusuma (2025) DAMPAK PENERAPAN METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 KECAMATAN ARGOMULYO KOTA SALATIGATAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rafifah Kusuma Wardhani-23040210088-Dampak Penerapan Metode Reading Aloud dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024-2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metode reading aloud dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II A. 2) Mengetahui tantangan yang dihadapi siswa dalam penerapan metode reading aloud pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A. 3) Mengetahui dampak penerapan metode reading aloud dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel data yang diambil menggunakan teknik purposive sampling pada informan yakni wali kelas II A, beberapa siswa kelas II A, dan kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kumpulrejo 02 kota Salatiga. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan dengan membuat modul ajar, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, serta evaluasi untuk melihat dampak dari penerapan metode reading aloud dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II A. 2) Tantangan yang dihadapi guru antara lain perbedaan minat belajar siswa dalam membaca dan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran, tetapi dapat diatasi melalui kerja sama yang dilakukan guru, siswa dan pihak sekolah. 3) Dampak dari penerapan metode reading aloud terlihat dari indikator berikut, yaitu Pertama, respon positif siswa terhadap proses pembelajaran. Kedua, siswa yang awalnya tidak memahami bacaan menjadi lebih paham karena dibacakan nyaring oleh guru dan siswa lain. Ketiga, siswa yang terlihat malu saat diminta untuk membaca menunjukan keberanian walaupun masih dibantu oleh teman dan guru. Keempat, tumbuhnya minat siswa untuk membaca. Kelima, siswa mampu menguasai kosakata baru dengan kerja sama tim membuat contoh kalimat dari kosakata baru yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2025 22:07
Last Modified: 16 Oct 2025 22:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item View Item