Tuswati, Dini (2025) STUDI KOMPARASI MODEL PBL DAN CTL PADA MATERI EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
DINI TUSWATI - 23060210004 - STUDI KOMPARASI MODEL PBL DAN CTL PADA MATERI EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
DINI TUSWATI - 23060210004 - STUDI KOMPARASI MODEL PBL DAN CTL PADA MATERI EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
DINI TUSWATI - 23060210004 - STUDI KOMPARASI MODEL PBL DAN CTL PADA MATERI EKOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tuswati, Dini. 2025. Studi Komparasi PBL dan CTL Pada Materi Ekologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Skripsi: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Kata kunci: Problem Based Learning, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Statistik Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen I (PBL) dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen II (CTL). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (pretest dan posttest), angket respon siswa, dan lembar observasi sikap. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata, median, modus, standar deviasi, varians, dan persentase ketuntasan belajar. Instrumen tes telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya untuk memastikan kelayakan soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas PBL memperoleh rata-rata posttest 83,53 dengan ketuntasan belajar 93%, sedangkan kelas CTL memperoleh rata-rata 81,88 dengan ketuntasan 89%. Data observasi menunjukkan sikap siswa di kelas PBL lebih positif dibandingkan CTL. Demikian pula, hasil angket menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran PBL lebih tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL memberikan hasil belajar, sikap, dan respon siswa yang lebih baik dibandingkan CTL.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Oct 2025 13:28 |
| Last Modified: | 19 Oct 2025 13:28 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
