EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Puspita, Tinesia Arthamevia (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TINESIA ARTHAMEVIA PUSPITA-23070190088-EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN 2024-2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa serta rendahnya keaktifan dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi peluang dan frekuensi harapan yang bersifat abstrak. Penerapan teori belajar konstruktivisme mendasari pendekatan dalam penelitian ini menekankan keterlibatan aktif siswa dalam membangun pemahamannya, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, uji Mann-Whitney U-Test, dan uji N-gain untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata kenaikan nilai post-test kelas eksperimen sebesar 49,2 poin, sedangkan kelas kontrol sebesar 39,5 poin. Uji n-gain menunjukkan peningkatan kategori tinggi pada kelas eksperimen dan kategori sedang pada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan konstruktivisme terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi peluang dan frekuensi harapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 20:26
Last Modified: 20 Oct 2025 20:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25633

Actions (login required)

View Item View Item