muttabi, Subhan (2025) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK HOMEROOM BERDASARKAN Q.S AT TAUBAH AYAT 119 DALAM MENINGKATKAN KEJUJURAN AKADEMIS PADA SISWA KELAS XI SMA MA’ARIF KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
SUBHAN_SKRIPSI_NEW_BANGET[1].pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SUBHAN_SKRIPSI_NEW_BANGET[1].pdf Download (3MB) |
|
|
Text
SUBHAN_SKRIPSI_NEW_BANGET[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Muttabi, Subhan. 2025. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik homeroom Berdasarkan QS. At-Taubah Ayat 119 Dalam meningkatkan Kejujuran Akademis Siswa Kelas XI SMA Ma’arif karangmoncol kabupaten Purbalingga. Skripsi. Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing : Muhamad Rozikan, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom, Kejujuran akademis Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui tingkat kejujuran akademis pada siswa Sma Ma’arif Karangmoncol sebelum di laksanakan bimbingan kelompok Teknik homeroom Q.S At taubah ayat 119 2) Untuk mengetahui bagaimana sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok taknik homeroom Q.S At taubah ayat 119 pada siswa kelas XI SMA Ma’arif Karangmoncol. 3) Seberapa efektif bimbingan kelompok dengan teknik Homeroom berdasarkan Qur’an surat At-taubah ayat 119 untuk meningkatkan kejujuran akademis siswa kelas XI SMA Ma’arif Karangmoncol. Jenis penelitian ini penulis menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pretest-Postest Design. Pada desain ini penelitian dilaksanakan dua kali yaitu sebelum eksperimen (Pretest) dan sesudah eksperimen (Posttest). Subjek penelitian ini melibatkan 31 siswa dan siswi Kelas XI SMA Ma’arif Karangmoncol dengan karakteristrik memiliki sifat jujur yang rendah, skor terendah yaitu 17 dan skor tertinggi adalah 68. Hasil Pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok yang dilaksanakan 4 kali pertemuan dengan topik atau tema yang berbeda beda diantaranya pertemuan pertama “Jujur dalam Niat dan Kemauan” Pertemuan kedua membahas tentang “Jujur dalam Ucapan” pertemuan ketiga dengan tema “Jujur Dalam Menepati Janji” dan pertemuan terakhir membahas “Jujur dalam Perbuatan” terbukti meningkatnya sifat kejujuran akademis pada siswa kelas XI SMA Ma’arif Karangmoncol meningkat atau terbentuk dengan skor hasil dari nilai rata - rata sebelum diberi perlakuan yang diperoleh skor keseluruhan 1707 dengan rata - rata 55 dan setelah diberikan treatment menjadi 1941 dengan rata - rata 62,6 menunjukkan peningkatan pada sifat kejujuran akademis siswa yang signifikan. dengan uji hipotesisi menggunakan sebuah uji coba yaitu Uji paired simple test diperoleh dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 untuk pretest dan posttest yaitu dapat disimpulkan Ho : ditolak dan Ha : diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Homeroom berdasarkan Qs. At-taubah ayat 119 efektif untuk meningkatkan kejujuran akademis siswa kelas XI SMA Ma’arif karangmoncol.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 19:25 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 19:25 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
