Amalia, Fika (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PROMOSI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA UMKM KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
BAB 1,2,5 DAN DAPUSS.pdf Download (503kB) |
|
|
Text
Fika Amalia.pdf Download (503kB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
skripsi fika amalia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Amalia, Fika. 2025. Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kota Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S-1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing Desi Trisnawati, S.E, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Keuangan, Promosi, dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung pada Bank Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kota Salatiga). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM di Kota Salatiga yang berjumlah 26.601 unit usaha. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 379 pelaku UMKM dengan skala mikro di Kota Salatiga. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat analisis IBM SPSS. Uji analisis yang digunakan adalah uji instrumen, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji path analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, sedangkan lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan. Literasi keuangan dan promosi juga terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan, sementara lingkungan sosial tidak berpengaruh signifikan. Selanjutnya, kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung. Analisis mediasi membuktikan bahwa kepercayaan mampu memediasi pengaruh literasi keuangan dan promosi terhadap minat menabung, namun tidak mampu memediasi pengaruh lingkungan sosial terhadap minat menabung. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Promosi, Lingkungan Sosial, Minat Menabung, Kepercayaan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 18:14 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 18:14 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
