PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS VIII MTs AL-MANAR BENER TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Shofyana, Ulya (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN KELAS VIII MTs AL-MANAR BENER TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULYA SHOFYANA_23060190049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Shofyana, Ulya. 2025. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Makanan Kelas VIII di MTs Al-Mannar Bener Tengaran Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), Ular Tangga, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi hasil belajar peserta didik dengan penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media ular tangga (2) hubungan penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik (3) pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media ular tangga terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan desain regresi linier sederhana. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al-Manar, yang terdiri dari dua kelas dengan total jumlah sebanyak 56 orang peserta didik, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model NHT dengan media ular tangga dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction (DI). Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda, yang diberikan setelah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linearitas. Selanjutnya dilakukan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen (72,14) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (68,75). Rata-rata peningkatan nilai (gain score) kelas eksperimen sebesar 25,18 poin, lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 20,90 poin. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan signifikan antara penggunaan model NHT dengan media ular tangga dan hasil belajar siswa (r = 0,861; p = 0,000). Namun, berdasarkan uji F (F = 3,548; p = 0,065), tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik. Meski demikian, nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yang mengindikasikan bahwa model NHT dengan media ular tangga tetap berpotensi meningkatkan pemahaman siswa dan dapat menjadi alternatif pembelajaran yang interaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 18:20
Last Modified: 22 Oct 2025 18:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item