, UKRIMATUNNISA AZZAHRA (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pemusatan Data. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
Ukrimatunnisa Azzahra-23070210028-Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Numerasi Pada Materi Pemusatan Data.pdf Download (948kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses penyusunan e-LKPD berbasis literasi numerasi pada materi Pemusatan Data, dan (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD tersebut. Pengembangan e-LKPD ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan perangkat pembelajaran yang mampu mengintegrasikan literasi numerasi dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi Pemusatan Data. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Analysis, instrumen yang digunakan meliputi wawancara kepada guru dan angket peserta didik dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif, serta soal literasi numerasi untuk menganalisis kompetensi awal siswa,. Tahap Design dilakukan dengan merancang komponen e-LKPD. Pada tahap Development, dilakukan realisasi rancangan serta penyusunan instrumen kevalidan dan kepraktisan. Tahap Implementation mencakup validasi oleh ahli menggunakan angket dengan skala Likert 5 poin, diikuti implementasi kepada peserta didik dengan instrumen pretest, e-LKPD, dan posttest, serta analisis data melalui uji normalitas dan uji Paired Sample T-Test. Tahap Evaluation dilakukan dengan angket respons guru dan peserta didik yang dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyusunan e-LKPD berbasis literasi numerasi mengikuti tahapan ADDIE secara sistematis. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 92% dan oleh ahli materi 80%, yang menunjukkan kategori valid. Kepraktisan e-LKPD dinilai sangat praktis oleh guru (93%) dan praktis oleh peserta didik (79%). Uji efektivitas dengan Paired Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest sehingga terbukti efektif. Dengan demikian, e-LKPD yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Pemusatan Data.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 19:09 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 19:09 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
