STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

MUSDALIFAH, (2025) STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELASSEBAGAIUPAYAUNTUKMENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWAMTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELASSEBAGAIUPAYAUNTUKMENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWAMTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELASSEBAGAIUPAYAUNTUKMENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWAMTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
STRATEGI GURU FIKIH DALAM PENGELOLAAN KELASSEBAGAIUPAYAUNTUKMENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWAMTS NEGERI SEMARANG TAHUN AJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Musdalifah, Musdalifah. 2025. Strategi Guru Fikih dalam Pengelolaan Kelas Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa MTsN Semarang Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muzdakir Muhlisin, M.Phil. Kata Kunci: Strategi Guru, Pengelolaan Kelas, Gaya Komunikasi, Keaktifan Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi guru Fikih dalam mengelola kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa; Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru Fikih dalam pengelolaan kelas sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa MTsN Semarang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru Fikih dalam pengelolaan kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan siswa MTsN Semarang: 1) Pengelolaan kelas meliputi perencanaan dilakukan dengan identifikasi karakteristik siswa, pembuatan modul ajar, media, teknik dan materi yang menarik; Pelaksanaan melalui pemberian motivasi, penyampaian materi dengan gaya komunikasi yang efektif dan variasi metode, menjalin hubungan baik, dan menciptakan lingkungan belajar kondusif; Evaluasi di antaranya pengamatan guru, dan catatan buku pegangan guru. 2) Faktor pendukung meliputi guru profesional yang memiliki skill dalam pengelolaan kelas serta adanya dukungan pihak sekolah. Faktor penghambat meliputi sarana dan prasarana serta tingkah laku sebagian siswa yang kurang tertib.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 21:23
Last Modified: 22 Oct 2025 21:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25745

Actions (login required)

View Item View Item