IFADA, MILHA SHAFRA (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (997kB) |
|
|
Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (997kB) |
|
|
Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (997kB) |
|
|
Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (997kB) |
|
|
Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024 2025.pdf Download (997kB) |
Abstract
ABSTRAK Ifada, Milha Shafra. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Pembimbing : Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Perencanaan, Pelaksanaan, Hasil Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI BP: 2. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI BP: 3. Hasil pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran PAI BP. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI BP, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini adalah modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, pelatihan guru, dan proyek siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan truangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Salatiga: 1. Perencanaan dilakukan dengan analisis peserta didik seperti kesiapan belajar, minat bakat, dan gaya belajar, penyusunan modul ajar, serta pelatihan guru terkait pembelajaran berdifernsiasi: 2. Pelaksanaan dilakukan dengan penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi, pemilihan strategi disesuaikan dengan kondisi, pengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajar siswa: 3. Hasil penelitian dalam pembelajaran berdiferensiasi ini menunjukan sekolah ataupun pendidik sudah mendapatkan materi tentang bagaimana pentingnya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi seperti adanya asesmen di awal menggunakan tes diagnostik, strategi pembelajaran diferensiasi proses dan produk, pendidik menggunakan bermacam macam model pembelajaran seperti inquiry based learning, tutor teman sebaya, project based learning agar mampu memudahkan pendidik dalam dalam proses belajar. SMK Negeri 1 Salatiga telah mempunyai fasilitas yang memadai baik dari segi SDM guru yang telah memumpuni dan fasilitas fasilitas belajar lain yang mendukung proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan efektif dalam bentuk karakter serta pengetahuan agama peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 23:44 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 23:44 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25767 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
