IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Umami, Muchoyar (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUCHOYAR UMAMI-23040210054-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MUCHOYAR UMAMI-23040210054-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MUCHOYAR UMAMI-23040210054-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 20242025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muchoyar 23040210054.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Umami, Muchoyar. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Universitas Islam Negeri Salatiga pembimbing: Dr. Sutrisna, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran berdiferensiasi, Matematika, SD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran matematika kelas 3 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini berupa Sumber data primer yang merupakan narasumber seperti Guru matematika Kepala Sekolah Waka Kurikulum dan siswa. Selain itu juga menggunakan data sekunder seperti modul ajar dan hasil dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pada implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evalusi sudah dilakukan oleh guru dengan baik. Dalam perencanaan guru harus menyiapkan administrasi pembelajaran seperti menyusun modul ajar memilih media dan model pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa dan lainnya. Pada tahap pelaksanaan implementasi pembelajaran berdiferensiasi telah tergambarkan dalam kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup dan menerapkan langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi dengan baik. Pada tahap evaluasi pembelajaran berdiferensiasi guru akan melakukan asesmen formatif dalam proses pembelajaran dan refleksi setelah pembelajaran. Selain itu guru akan mengevaluasi pembelajaran bersama guru lainnya setiap satu minggu sekali. Kedua, faktor pendukung seperti kurikulum nasional, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta siswa dan wali siswa. Sedangkan faktor penghambat seperti keterampilan guru dan waktu yang singkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2025 13:39
Last Modified: 24 Oct 2025 13:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25773

Actions (login required)

View Item View Item