KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Fatmawati, Rizka (2025) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)
[img] Text
RIZKA FATMAWATI-23070190092-KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION(GI) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI STATISTIKA SISWA KELASVIII SMP NEGERI 3 SURUH TAHUNPELAJARAN 2024-2025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fatmawati, Rizka. 2025. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Group Investigation, LKPD, Pemahaman Konsep Matematis, Statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain Quasi Experimental tipe Post-Test-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menerapkan cluster random sampling dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Group Investigation (GI) berbantuan LKPD dan kelas kontrol yang menggunakan metode Problem Based Learning, masing-masing berjumlah 30. Instrumen penelitian berupa soal tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji data tahap awal adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata; uji data tahap akhir adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji t dibantu dengan program SPSS. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen adalah 88,60, sedangkan kelas kontrol 68,50, dengan selisih sebesar 20,10 poin. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemhaman konsep matematis materi statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Suruh Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2025 14:15
Last Modified: 24 Oct 2025 14:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25774

Actions (login required)

View Item View Item