Istiqomah, Nurul (2025) PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA BOARDING SCHOOL DI MTS N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
NURUL ISTIQOMAH SKRIPSI bab 1,2,5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
NURUL ISTIQOMAH SKRIPSI bab 1,2,5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
NURUL ISTIQOMAH SKRIPSI bab 1,2,5.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
NURUL ISTIQOMAH SKRIPSI bab 1,2,5.pdf Download (4MB) |
Abstract
Istiqomah, Nurul, 2025. Penguatan Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan pada Siswa Boarding School di MTs N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Widyastuti, M.Pd. Kata Kunci: karakter religius, kegiatan keagamaan, boarding school Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Penguatan karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa boarding school; 2). Mengidentifikasi faktor pendukung penguatan karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa boarding school; dan 3) Faktor penghambat penguatan karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa boarding school di MTs N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan keagamaan yang menjadi fokus penelitian meliputi tahfidz Al-Qur’an, sorogan Al-Qur’an, madrasah diniyah, serta pembiasaan ibadah seperti salat berjamaah, tahajud, dan dhuha. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer berupa hasil wawancara kepala madrasah, waka kurikulum, pengasuh, guru dan siswa; dan sumber sekunder yakni dokumentasi atau foto kegiatan keagamaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penguatan karakter religius melalui kegiatan keagamaan pada siswa boarding school berupa tahfidz Al-Qur’an, sorogan Al-Qur’an, madrasah diniyah, dan program pembiasaan salat lima waktu berjamaah, salat dhuha dan salat tahajud; 2). Faktor pendukungnya meliputi fasilitas yang memadai, peran guru, dan lingkungan yang religius; 3). Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi siswa, pengaruh teman, dan latar belakang keluarga. Boarding school menjadi lingkungan strategis dalam membentuk karakter religius siswa secara berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Agama |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 16:24 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 16:24 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
