PRAKTIK JUAL RUGI PADA PELAKU USAHA PARFUME DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Flash Sale Parfume Bebliss Pada Fitur Live Streaming dalam Aplikasi Tiktok)

Annur, Ainayya zanuba (2025) PRAKTIK JUAL RUGI PADA PELAKU USAHA PARFUME DALAM PERSPEKTIF HUKUM PERSAINGAN USAHA DAN ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Flash Sale Parfume Bebliss Pada Fitur Live Streaming dalam Aplikasi Tiktok). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_Ainayya Zannnuba Annur_33020210042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penggunaan flash sale sebagai strategi promosi di TikTok Shop, yang memberikan diskon besar dalam waktu terbatas sehingga menarik banyak konsumen. Contohnya adalah Bebliss Parfume yang memanfaatkan fitur live streaming di TikTok untuk meningkatkan penjualan dengan cara jual rugi. Fenomena ini menarik untuk dikaji karena menimbulkan persoalan hukum dan etika, khususnya berkaitan dengan persaingan usaha tidak sehat dan kesesuaian dengan prinsip etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pelaku usaha dan karyawan Bebliss Parfume, observasi langsung proses flash sale di TikTok, serta kajian literatur terkait hukum dan ekonomi syariah. Data dianalisis secara deskriptif melalui tahap-tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan menguji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Bagaimana praktek jual rugi dalam flash sale parfume beblis pada fitur live stream dalam aplikasi tiktok? dan Bagaimana praktek jual rugi dalam kasus Flash Sale paerfume bebliss ditinjau dari Hukum Persaingan Usaha dan Etika Bisnis Islam? Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi jual rugi melalui flash sale efektif dalam meningkatkan omzet dan memperluas pasar dalam waktu singkat. Namun, dari sisi hukum persaingan usaha, praktik ini berpotensi menimbulkan persaingan tidak sehat jika harga dijual di bawah biaya produksi untuk mengalahkan pesaing, yang dilarang oleh Pasal 20 UU No. 5 Tahun 1999. Dari perspektif etika bisnis Islam, meskipun strategi ini bukan termasuk penimbunan (ihtikar), namun belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip kejujuran dan keadilan karena diskon besar yang menimbulkan kesan mendesak bisa menimbulkan unsur gharar (ketidakjelasan) dan tadlis (penipuan halus), yang dapat merugikan konsumen dan pelaku usaha lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2025 20:07
Last Modified: 24 Oct 2025 20:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25817

Actions (login required)

View Item View Item