waroh, Listi (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GRAFIK PERSAMAAN GARIS LURUS DI MTsN 3 MAGELANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB I, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB I, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, II DAN V.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, 2 DAN 5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1, 2 DAN 5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1,2,5 .pdf Download (1MB) |
|
|
Text
LISTI WAROH_23070210030_BAB 1,2,5 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantuan aplikasi desmos terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi grafik persamaan garis lurus di MTsN 3 Magelang tahun ajaran 2024/2025 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest postest two treatment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 3 Magelang tahun 2024/2025 dengan total populasi 109 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel kelas VIII E sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II. Sedangkan untuk metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Soal tes yang digunakan dalam penelitian sudah di uji validitas, reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda sebelum digunakan sebagai penelitian. Sedangkan uji N-Gain dan Independent Sample T.Test digunakan untuk menentukan hipotesis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi desmos cukup efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi grafik persamaan garis lurus pada kelas VIII di MTsN 3 Magelang. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari rata-rata nilai uji N- Gain score persen kelas eksperimen I yaitu 73, 99% dan kelas eksperimen II yaitu 60,11%. Dan dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig. 0,000 > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, dengan rata-rata hasil postest kelas eksperimen I dengan 24 siswa mendapat 83,68 dan kelas eksperimen II dengan 23 siswa mendapat 75,98.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 03:13 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:13 |
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/25958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
